Mastitis: Apa Saja Yang Perlu Kamu Ketahui?

Little Hannah - 22/02/2024, 09:29 WIB

Menyusui atau memberikan ASI secara langsung untuk bayi kamu dapat memberikan sebuah kepuasan tersendiri, akan tetapi juga dapat menimbulkan beberapa tantangan. Mastitis, peradangan pada jaringan payudara, adalah salah satunya. Kondisi umum ini memengaruhi sekitar 10 persen ibu yang menyusui yang mengalaminya dan disertai dengan gejala tidak nyaman seperti nyeri, pembengkakan, dan kadang-kadang demam dan gejala mirip flu.


Mengetahui apa yang menyebabkan mastitis dan bagaimana mencegahnya dapat mengurangi kemungkinan kamu terkena, dan memahami gejala yang harus diwaspadai dan cara mengobatinya—baik dengan obat-obatan maupun secara holistik—dapat membantu kamu meredakan ketidaknyamanan secepat mungkin.


Apa itu Mastitis?

Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara yang dapat mempengaruhi orang yang menyusui. Ini dapat sangat menyakitkan dan menyebabkan gejala seperti demam, pembengkakan, kemerahan, dan ketidaknyamanan secara keseluruhan. Mastitis dapat terjadi kapan saja selama perjalanan menyusui kamu. Beberapa orang tua yang menyusui mendapatkan mastitis pada awalnya, sementara yang lain mendapatkannya di pertengahan waktu menyusui atau selama proses pengentasan.


Pemahaman tentang apa itu mastitis telah berkembang dalam komunitas ilmiah, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Sementara dulu dianggap bahwa mastitis adalah infeksi, "sekarang dianggap bahwa mastitis lebih merupakan suatu proses peradangan dan suatu spektrum kondisi. Ada komponen infeksi yang terjadi, semuanya dimulai dari respons inflamasi dalam tubuh.


Apa yang Menyebabkan Mastitis?

Ada dua penyebab utama mastitis: produksi susu yang berlebihan, yang dapat menyebabkan penyempitan saluran susu, dan infeksi bakteri.


Produksi berlebihan.

Pendahuluan mastitis biasanya adalah tidak cukupnya pengeluaran susu dari payudara dengan cukup sering. Baik bayi tidak mengeluarkan susu cukup baik, atau ibu memiliki pasokan susu yang sangat banyak yang menyebabkan banyak saluran susu yang tersumbat.


Dan sementara istilah "saluran susu yang tersumbat" umum digunakan untuk menjelaskan apa yang terjadi saat mastitis terjadi, itu sedikit lebih rumit daripada itu. Susu dibuat dan disimpan dalam lobulus—kelompok kantong susu. Ketika kantong susu itu menjadi terlalu penuh, saluran susu menjadi terkompresi oleh pembengkakan di sekitarnya, sehingga melambatnya aliran susu dari payudara. Ini disebut sebagai mastitis inflamasi.


Karena adanya bakteri

Mastitis juga dapat disebabkan oleh bakteri, biasanya setelah mastitis inflamasi atau ketika bakteri memasuki saluran susu. Mastitis bakteri memerlukan pengobatan yang berbeda dengan mastitis inflamasi. Ini tidak menular dan tidak menimbulkan risiko bagi bayi kamu.


Sebagian besar Ibu yang menyusui dan memerah susu mendapatkan mastitis dalam beberapa minggu pertama ketika pasokan susu paling tinggi. Ini juga dapat dipicu oleh perubahan jadwal pemberian makan normal kamu. Ini bisa termasuk:

  • Menjauh dari bayi kamu untuk waktu yang lama dan tidak memerah susu;
  • Ketika bayi kamu mulai tidur lebih lama di malam hari;
  • Ketika kamu bepergian atau selama liburan ketika kamu keluar dari jadwal sehari-hari normal kamu;
  • Ketika bayi kamu tidak makan sebanyak biasanya, misalnya jika mereka sakit.


Apa yang Membuat Kamu Lebih Rentan Terkena Mastitis?

Orang yang menyusui dengan pasokan susu yang berlebihan cenderung paling rentan terkena mastitis. Pasokan berlebih ini bisa terjadi secara alami, tetapi juga dapat dipicu oleh pemompaan selain dari menyusui. Tidak umum bagi ibu yang hanya menyusui dan tidak melakukan pemompaan tambahan untuk memiliki pasokan berlebih yang besar.


Ada juga sekelompok kecil orang yang lebih rentan terhadap mastitis karena alasan yang tidak diketahui. Ada pendapat bahwa itu harus terkait dengan mikrobioma ibu, peradangan dalam tubuhnya, dan kesehatan ususnya. Tapi belum banyak penelitian yang baik tentang ini, dan jenis mastitis berulang ini cenderung terjadi pada kelompok kecil yang sangat kecil.


Gejala Mastitis

Ada berbagai gejala yang dapat menyertai mastitis, sebagian besar melibatkan rasa tidak nyaman dan nyeri. Berikut adalah gejala mastitis yang paling umum:

  • Benjolan atau tempat yang nyeri di payudara kamu (tidak selalu menyakitkan pada awalnya, tetapi akhirnya akan terasa nyeri)
  • Payudara yang nyeri, bengkak atau hangat saat disentuh
  • Kemerahan atau garis-garis merah di sepanjang payudara
  • Nyeri pada payudara
  • Demam 101℉ atau lebih tinggi
  • Nyeri di seluruh tubuh dan ketidaknyamanan secara keseluruhan (banyak orang menggambarkan gejalanya seperti flu)


Perlu diingat ada perbedaan antara pembesaran payudara—payudara dengan kantong susu yang sangat penuh—dan mastitis. Payudara kamu dapat menjadi bengkak jika kamu melewatkan pemberian makan atau sesi memerah, tetapi itu tidak berarti kamu mengalami mastitis.


Tanda Awal Mastitis

Apa yang biasanya kelihatan adalah mastitis akan dimulai sebagai saluran susu yang tersumbat. Dari situ, biasanya akan dirasakan bahwa sumbatan itu mulai menjadi sangat nyeri, merah, mungkin terasa meradang, dan tanda pasti akan demam. Kamu bisa memiliki mastitis tanpa demam, tetapi penelitian mengatakan bahwa itu biasanya hal yang selalu membuat orang menyadari bahwa sumbat telah berubah menjadi lebih serius.


Tidak ada batasan waktu seberapa cepat—atau seberapa lambat—peradangan dan gejala mastitis bisa muncul. Tubuh setiap orang sedikit berbeda. Terkadang kamu mungkin hanya terbangun dan merasa seperti terserang flu, sementara dalam kasus lain mungkin ada lebih banyak waktu antara mulainya gejala pertama dan mastitis yang sepenuhnya berkembang.


Pengobatan Mastitis

Kamu telah memperhatikan titik yang menyakitkan pada payudara atau kamu terbangun merasa tidak enak badan: sekarang apa yang harus dilakukan? Ada beberapa cara untuk mengobati mastitis, dan seringkali pilihan pengobatan tergantung pada tingkat kenyamanan Ibu.


Gunakan alat pijat khusus laktasi.

Dalam hal ini alat pijat laktasi yang memberikan getaran dan sensasi hangat dapat membantu kamu memperlancar jalur susu yang agak tersumbat. Pilih alat pijat khusus laktasi yang menggunakan material yang aman bagi kulit Ibu.


Hubungi dokter kandungan atau konsultan laktasi.

Jika kamu khawatir bahwa kamu mungkin mengalami mastitis, hubungi dokter kandungan atau konsultan laktasi untuk membahas gejala kamu dan membicarakan opsi pengobatan. Kamu dapat mencari konsultan laktasi bersertifikat di dekat tempat tinggalmu.


Antibiotik mastitis.

Antibiotik sering diresepkan sebagai opsi pengobatan untuk mastitis, dan diperlukan jika kamu mengalami mastitis bakteri. Kamu dapat mencoba terapi lain terlebih dahulu, dan jika kamu tidak membaik, maka disarankan untuk berkonsultasi lebih dalam kepada dokter dan ahli laktasi untuk memulai perawatan dengan antibiotik.

Artikel Terbaru