Prenatal Yoga Beda Dengan Yoga Biasa? Cek Disini!

Little Hannah - 22/02/2024, 08:56 WIB

Inilah semua yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana prenatal yoga dapat membantu kamu tetap kuat dan fleksibel.


Membuat atau menjaga rutinitas olahraga penting untuk kehamilan yang sehat dan kuat, tetapi terkadang sulit untuk mengetahui apa yang aman untuk tubuh hamil atau apa yang paling efektif untuk mengatasi gejala seperti otot pegal atau nyeri sendi. Masuklah: prenatal yoga, yang merupakan olahraga yang aman dan efektif untuk kehamilan.


Apakah kamu belum pernah melakukan yoga sebelumnya? Atau mungkin kamu penggemar yoga reguler dan tidak yakin bagaimana versi prenatal berbeda dari apa yang sudah kamu lakukan. Kami melakukan sedikit riset tentang apa yang membuat prenatal yoga menjadi pilihan yang baik untuk olahraga selama kehamilan dan pasca persalinan.


Apa itu prenatal yoga?

Prenatal yoga adalah versi modifikasi dari yoga tradisional yang dimaksudkan agar lebih nyaman bagi ibu hamil sambil tetap memungkinkan peregangan, penguatan, dan meditasi. Jika kamu telah berlatih yoga sebelum hamil, mungkin kamu akan melihat bahwa beberapa pose dapat sulit, tidak nyaman, atau bahkan tidak mungkin dilakukan dengan semua perubahan yang terjadi pada tubuh. Dari ligamen yang longgar dan payudara yang sensitif hingga mual dan, tentu saja, perut hamil yang besar dan berat, prenatal yoga membuat penyesuaian untuk segala gejala yang mungkin kamu rasakan sehingga kamu dapat tetap aktif dengan latihan yang aman sepanjang kehamilan kamu.


Bagaimana prenatal yoga berbeda dari yoga reguler? Apa yang membuat yoga aman selama kehamilan?

Hal utama yang perlu diketahui tentang prenatal yoga adalah bahwa ia diadaptasi khusus agar aman selama kehamilan. Ada beberapa pose di yoga reguler yang tidak nyaman saat kamu hamil (atau bahkan tidak mungkin dilakukan). Dalam prenatal yoga tidak melakukan gerakan twist tertutup, backbend dalam, atau forward folds yang dalam. Prenatal yoga lebih mempertimbangkan Ibu (hamil) dan berusaha untuk tidak memberikan tekanan pada area perut sambil juga meredakan ketegangan dan nyeri di bagian tubuh lain yang (dipengaruhi oleh kehamilan).


Selama kamu memperhatikan batasan fisik akibat kehamilan, prenatal yoga benar-benar aman, terutama ketika kamu berlatih dengan seorang profesional yang terlatih dengan baik. Dengan cara ini, kamu memiliki mata (dan tangan) tambahan untuk mencegah kamu dari cedera atau membuat kamu merasa tidak nyaman ketika berlatih pose tertentu.


Bagaimana prenatal yoga dapat membantu mengatasi gejala kehamilan?

Seorang profesional terlatih mungkin dapat menyarankan beberapa pose yang dapat membantu mengurangi kekakuan, nyeri punggung bawah, atau heartburn. Berbagi pengalaman kehamilan pada awal kelas memberikan kesempatan untuk mengetahui bagaimana orang hamil lainnya mengatasi kehamilan mereka dan metode apa yang mereka temukan bermanfaat untuk mereka melalui gejala mereka sendiri.


Apakah seseorang harus berpengalaman dengan yoga sebelum hamil untuk melakukan prenatal yoga? Apakah masih bisa memulai yoga jika tidak pernah berolahraga secara teratur sebelum hamil?

Apabila kamu belum pernah menginjakkan kaki di atas mat yoga tidak akan menjadi masalah. Yoga adalah latihan yang dapat diakses oleh mereka yang belum pernah berolahraga sebelumnya. Ini benar-benar latihan untuk semua ibu hamil. Instruktur yang terampil dapat mengenali pengalaman ibu hamil dan menyesuaikan praktik agar sesuai dengan kebutuhan individu mereka, menawarkan modifikasi pose dengan menggunakan alat bantu seperti bantal sofa sebagai bantalan, buku, handuk digulung, atau selimut sebagai blok, dan sabuk panjang atau syal untuk tali yoga.


Pada tahap kehamilan apa seseorang harus beralih dari yoga reguler ke latihan prenatal khusus?

Bagi mereka yang baru mengenal yoga dan tidak memiliki cukup pengalaman untuk secara intuitif menyadari ketidaknyamanan, berikut adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan: Ketika kamu tidak bisa berbaring di perut dengan nyaman dalam pose, kamu tahu sudah waktunya. Itu saatnya beralih ke kelas prenatal.


Khusus untuk trimester pertama, kami merekomendasikan untuk hanya berlatih restorative yoga (pose yang mempromosikan relaksasi daripada kekuatan atau keseimbangan) untuk memberi tubuh kamu banyak kesempatan untuk istirahat.

Artikel Terbaru